Materi Kelas 1 Tema 2 Subtema 2
URAIAN MATERI
Kegemaran adalah kesukaan, kesenangan, barang apa yang digemari
atau bisa juga disebut hobi. Hobi adalah kegiatan rekreasi
yang dilakukan pada waktu
luang untuk menenangkan pikiran seseorang. Tujuan hobi adalah untuk memenuhi keinginan dan
mendapatakan kesenangan.Kegemaran adalah
suatu aktivitas bermanfaat yang paling kita sukai dan paling diminati.
Gemar adalah kesukaan
sesorang terhadap sesuatu yang bisa dipengaruhi banyak hal. Seperti pengaruh
didikan semasa kecil, kenangan indah sesuatu, sangat berbakat dalam bidang
tersebut.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
Bernyanyi Kasih Ibu
Ayo Bernyanyi !
Lagu kasih ibu menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anaknya tiada
terkira oleh waktu hingga akhir hayatnya. pengorbanan ibu yang tiada mengharap imbalan atau balas
jasa dari anaknya. Lagu ini bertujuan untuk mengajarkan
dan memberi pengetahuan kepada anak-anak tentang kasih sayang seorang ibu
kepada anak-anaknya.
Tahukah
kamu lagu tersebut?
Lagu
tersebut bercerita tentang apa?
Saat
bernyanyi kita mengeluarkan suara
Ada suara
lembut seperti suara orang berbisik.
Ada suara
sedang seperti orang berbicara.
Ada suara
keras seperti orang berteriak.
Ayo Mengamati !
Tunjukkan gambar
orang berbicara dengan suara lembut.
Tunjukkan gambar
orang berbicara dengan suara sedang.
Tunjukkan gambar
orang berbicara dengan suara keras.
Amatilah gambar dibawah ini !
Ayo Berdiskusi !
Lani
senang menari.
Lani
menari menirukan gerakan-gerakan alam.
Lani
suka menari menirukan gerakan burung terbang.
Lani
juga suka menirukan gerakan daun berguguran.
Diskusikan
dengan temanmu gerakan daun
berguguran
dan gerakan burung terbang!
Ayo Mengamati !
Kamu sudah
mencoba memperagakan gerak.
Ada gerakan
lambat dan gerakan cepat.
Gerakan lambat adalah gerakan yang terlihat pelan-pelan
Gerakan cepat adalah gerakan yang terlihat
Perhatikan
gerakan-gerakan di bawah ini!
Adik menari
di depan kaca.
Kakak
melihat sambil tersenyum.
Kakak
menasihati adik.
Latihan
membuat adik pandai menari.
Ayo Menulis !
Apa saja
yang adik harus lakukan jika ingin menjadi penari?
Tuliskan 4
(empat) hal yang adik harus lakukan!
KEGIATAN
PEMBELAJARAN 2
Menari menggunakan
tongkat
Ayo Mengamati !
Dayu
dan Lani senang menari.
Saat
menari, tubuh diliukkan.
Meliukkan
tubuh dapat menjaga kekuatan otot.
Dayu
dan Lani berlatih menggunakan tongkat kayu.
Mereka
meliukkan badan ke kiri dan ke kanan.
Ayo Mencoba !
Ayo
meliukkan tubuh sambil bernyanyi lagu
Hey
Yamko Rambe Yamko!
Yamko
Rambe Yamko adalah taria tradisial papua
Lagu daerah Yamko
Rambe Yamko merupakan lagu yang energik
dan terkesan menyenangkan untuk dinyanyikan
Ayo Mengamati !
Dayu
senang bernyanyi.
Dayu
juga senang membuat puisi.
Dayu
membuat puisi yang indah.
Dayu
membacanya sambil bernyanyi.
Inilah
puisi Dayu.
Dengarkan
gurumu membacakannya!
Apakah
kamu memiliki sahabat?
Bagaimana
perasaanmu terhadapnya?
Ayo Berlatih !
Kamu
telah mengetahui isi puisi Dayu.
Lengkapilah
kalimat di bawah ini!
Lengkapi
dengan kata-kata dari dalam kotak!
Dayu merasa__________memiliki
sahabat.
Sahabat membuat hari Dayu __________.
Dayu senang __________bersama sahabatnya.
Dayu __________belajar bersama sahabatnya.
Dayu
pun ingin jadi __________ yang
baik
Ayo Berkreasi !
Tulislah sebuah kartu ucapan pada teman
terbaikmu!
Tambahkan gambar yang indah di kartumu!
KEGIATAN PEMBELAJARAN 3
Bernyanyi
Ayo Makan Bersama
Ayo Bernyanyi !
Ayo nyanyikan lagu berikut bersama-sama!
Lagu ayo makan bersama mengajarkan kita tentang sebelum makan harus mencuci
tangan terlebih dahulu agar dapat terjaga kebersihan tangan dan dapat terjaga
kesehatannya. Tidak menyia-nyiakan makanan serta tidak bersuara saat makan.
Pernahkah
kamu makan bersama dengan adikmu?
Apa
saja yang kamu lakukan saat makan bersama adik?
Ayo Mengamati !
Perhatikan isi lagu Ayo Makan Bersama!
Amati gambar di bawah ini!
Beri tanda centang (√) pada gambar yang
sesuai!
Beri tanda silang (X) gambar yang tidak
sesuai!
Ayo Menulis !
Menceritakan pengalaman saat makan
bersama adik
Ayo Membaca !
Adik Yang
Suka Benyanyi Sejak Kecil
Bacalah dengan nyaring !
Adik
masih kecil.
Adik
suka sekali bernyanyi.
Adik
sering berhenti pada saat bernyanyi.
Adik
lupa syair lagunya.
Kakak
membimbing adik bernyanyi.
Kakak senang melihat adik bernyanyi
Ayo Berlatih !
Bacalah kalimat-kalimat dalam tabel berikut!
Beri
tanda (√) untuk sikap yang baik terhadap adik!
Beri
tanda silang (X) gambar yang tidak sesuai!
Ayo Bermain Peran !
Bermain
Peran Bersama Teman
Ayo Mengamati !
Ayo Bermain Peran !
Kakak sedang menggambar bersama adik.
Kakak memiliki 7 pensil warna.
Adik pinjam 3 pensil warna.
Bermain Peran Berpura-Pura Menjadi Seorang Kakak
Ayo Berlatih !
Mainkan
peran seperti cerita-cerita berikut!
Adik
membeli 5 buah tahu goreng.
2
tahu terjatuh.
Berapa
banyak tahu adik sekarang?
Kakak sedang menggambar bersama adik.
Kakak memiliki 7 pensil warna.
Adik pinjam 3 pensil warna.
Berapakah sisa pensil warna kakak?
Ibu membuat 10 potong kue untuk adik dan kakak.
Adik makan 3 potong.
Berapa banyak kue yang tersisa?
Banyaknya kue yang tersisa adalah__________
Pulang kerja, ayah membawa 9 buah jeruk.
2 jeruk ayah berikan kepada kakak lebih dulu.
Berapa banyak jeruk yang tersisa?
Banyak
jeruk yang tersisa adalah__________
Membuat gambar benda-beda kesukaan yang menunjukkan pengurangan
KEGIATAN PEMBELAJARAN 4
Berolahraga dengan gerakan menari
Ayo Mengamati !
Olahraga kali ini menyenangkan sekali.
Mereka berolahraga dengan gerakan menari.
Anak-anak bersemangat melakukannya.
Gerakan-gerakan ini dapat diulang 8 kali hitungan.
Untuk menambah semangat, hitunglah dengan suara keras.
Ayo Bernyanyi !
Ayo
bernyanyi bersama teman-temanmu !
Ulangi lagu 3 kali, mulai dengan irama lagu yang lambat,
sedang, lalu cepat!
Ayo Mencoba !
Kamu sudah mencoba memeragakan gerakan
memegang kepala, pundak, lutut, dan
kaki.
Sekarang, Lakukanlah bersama temanmu.
Lakukan sambil bernyanyi.
Pertama, nyanyikan dengan irama lambat.
Lalu nyanyikan dengan irama sedang.
Selanjutnya nyanyikan dengan irama cepat
Ayo Bernyanyi !
Bernyani
bersama terima kasihku
Anak-anak selesai olahraga dan menari.
Wajah mereka berseri, senang sekali.
Semua kegiatan sekolah menyenangkan.
Itu semua berkat guru kesayangan.
Siti dan Lani menyanyikan lagu.
Ungkapan kasih sayang untuk ibu dan bapak guru
Ayo Mencoba !
Mencoba
menjawab pertanyaan-pertanyaan
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut!
1.
Ucapan terima kasih di
dalam lagu ditujukan untuk?
........................................................................................................
2.
Mengapa kita harus berterima
kasih kepada guru?
........................................................................................................
3.
Apa yang dilakukan guru
kepada kita?
........................................................................................................
Tebalkan kata di bawah ini
!
Ayo Bernyanyi !
Bernyani
bersama bunda piara
Ayo Berlatih !
Pilihlah kata yang tepat !
1.
Lagu Bunda Piara
dinyanyikan untuk ....
a.
kakek dan nenek
b.
ayah dan bunda
2.
Lagu Bunda Piara bercerita
tentang ....
a.
masa kecil bahagia
b.
liburan
3.
Yang dipeluk dan dimanjakan
di dalam laguBunda Piara adalah ....
a.
Bunda
b.
Anak
4.
Kasih sayang dalam lagu
Bunda Piara adalahkasih sayang antara ....
a.
orang tua dan anak
b.
guru dan murid
Ayo Bercerita !
Di depan kelas, ceritakan tentang pengalaman
masa kecilmu!
Ayo Mengamati !
Udin mengingat kenangan masa kecilnya.
Udin sering diajak pergi jalan-jalan.
Udin pernah diajak ke kebun binatang.
Udin melihat gajah, jerapah, dan
siamang.
Ada 8 siamang di dalam kandang.
Saat pengunjung datang, 2 siamang
pergi.
Bersembunyi di atas pohon
Ayo Berhitung !
Membantu
udin menghitung
Bantulah
Udin menghitung jumlah siamang!
Hitunglah jumlah siamang
yang tetap di atas pohon!
Jumlah siamang pada
awalnya: 8
Jumlah siamang yang turun:
2
Ayo Mencoba !
Udin membawa 6 buah jeruk.
Di depan kandang kera, 1
jeruknya diambil kera.
Ayo
hitung sisa buah jeruk di tas Udin setelah diambil kera.!
Di kebun binatang ada panda.
Panda menyukai pucuk bambu.
Namun, tidak semua pucuk bambu
dimakannya.
Hanya pucuk bambu dengan hasil hitungan
3 yang ia makan.
Tuliskan
jawabanmu!
Pucuk
bambu yang dimakan panda ini adalah
(….) , (….) , (…) , (….) , (….) , (….) , dan
(…)
Ayo Mengamati !
Amati gambar berikut dengan teliti!
Tulislah cerita yang sesuai
dengan gambar!
Lengkapi dengan kalimat
matematika yang tepat!
Sisa apel
kakak adalah….
KEGIATAN PEMBELAJARAN 6
Ayo Bernyanyi !
Bernyanyi
bersama ruri adikku
Ayo Berdiskusi !
Diskusikanlah
isi lagu Ruri Abangku dengan teman sebangkumu!
Pertanyaan-pertanyaan berikut dapat
menjadi panduan
diskusi.
• Bercerita tentang apa lagu Ruri
Abangku?
• Bagaimanakah sifat Ruri?
• Bagaimana Ruri berangkat ke sekolah?
• Menurutmu, bagaimana perasaan adik terhadap Ruri?
Ayo Mendengarkan !
Mendengarkan cerita guru!
Mutiara adalah kakak Udin.
Mutiara senang bernyanyi dan menari.
Mutiara sering bernyanyi dan menari bersama Udin.
Saat bernyanyi bersama Udin, Mutiara memberi Udin kesempatan bernyanyi.
Mutiara memuji nyanyian Udin.
Saat menari bersama Udin, Mutiara memperhatikan gerakan Udin.
Mutiara tersenyum melihat gerakan lucu
Udin.
Ayo Berdiskusi
!
Ayo
diskusikan hal-hal yang bisa kita lakukan
bersama adik dan kakak saat
bernyanyi dan menari!
Ayo Membaca !
Baca
kalimat berikut dengan teliti!
Beri
tanda (-) dalam kotak untuk kalimat
Pengurangan! Beri tanda (+)
untuk kalimat penjumlahan!
Buatlah
kalimat matematikanya!
RANGKUMAN
1. bertambah
artinya menjadi lebih banyak
+
dibaca tambah
+
digunakan disaat kamu menjumlahkan lambang bilangan
=
dibaca sama dengan berkurang
artinya menjadi lebih sedikit
-
dibaca kurang
-
digunakan disaat kamu mengurangkan lambang bilangan
2. Menyanyikan
syair lagu kasih ibu
3. Menyanyikan ayo makan bersama
4. Menyanyikan kepala pundak lutut kaki
5. Menyanyikan terima kasihku
6. Menyanyikan bunda piara
7. Menyanyikan ruri abangku
8. Aturan
pada saat sebelum makan
Mencuci tangan terlebih
dahulu
Menjaga
kebersihan
Ketika
sedang makan tidak boleh berbicara
9. Gerakan cepat gerakan lambat
10.Gerakan olahraga sambil menari
11. Gerakan kepala lutut kaki
GLOSARIUM
Aturan : cara
(ketentuan, patokan, petunjuk,perintah) yang telah ditetapkan supaya
diturut
Tugas :
sesuatu yang wajib dikerjakan atau
yang ditentukan untuk dilakukan
Pendapat : masukan
ide atau usul
Pengurangan : mengambil sebagian atau
seluruhnya
Penjumlahan : menambahkan dua
bilangan atau lebih
DAFTAR PUSTAKA
Djaelani
dan Haryono. 2008. Matematika untuk
SD/MI kelas 1. Jakarta :
Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
WidihastutiSetiati dan RahayuningsihFajar. 2008. Pendidikan
Kewarganegaraan
SD/MI kelas I. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
Setiawan. S Eko dan Suranti. Ilmu Pengetahuan Sosial
1 untuk SD/MI kelas 1. 2009.
Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
AdellinaNovilia, KusumawatYun dan Assagaf Lubna. 2017. Buku Siswa Untuk SD/MI
Kelas
1 Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Revisi 2017. akarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Komentar
Posting Komentar